Web Resmi Server Pulsa TerMurah PPOB TerLengkap Transaksi Lancar

Perhatikan 3 Syarat ini Sebelum Membeli Paket Internet 4G

Paket data internet cepat saat ini sedang gencar dipromosikan oleh semua operator seluler di Indonesia. Ya, paket apalagi kalau bukan paket internet di jaringan 4G? Tekhnologi terbaru di negeri ini yang menjanjikan kecepatan akses internet super cepat hingga ratusan Mbps.


Harga yang ditawarkan untuk menikmati paket internet 4G cukup murah. Dengan harga paket internet 4G yang ramah kantong kita akan mendapat kuota yang melimpah. Bahkan jika dibandingkan dengan harga paket internet 3G, jauh lebih murah harga paket internet 4G (untuk saat ini).

Sebut saja Telkomsel, Indosat, XL Axiata saat ini sedang perang tarif paket internet 4G. Masing-masing operator membuat promo paket internet dengan tarif serta syarat dan ketentuannya masing-masing. Kita yang ingin membeli paket internet harus jeli melihat syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak menyesal dikemudian hari.

Selain kita harus memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, ada 3 hal yang harus dipenuhi agar kita bisa menikmati cepatnya berinternet 4G. 3 hal ini merupakan syarta utama yang tidak boleh hilang salah satunya. Apa saja 3 hal tersebut? Berikut saya sampaikan beserta penjelasannya.

1. Device 4G

Device 4G menjadi syarat pertama yang saya sebutkan, karena tanpa device yang sudah support 4G mustahil kita bisa menggunakan layanan internet 4G. Entah itu smartphone, modem ataupun mifi harus sudah support jaringan 4G. Jika hanya dengan device yang mentok di jaringan 3G, kecepatan internet yang kita peroleh juga hanya mentok di kecepatan internet 3G saja.

Jika hp/smartphone kita masih mentok di 3G namun belum ada kemauan untuk menggantinya, masih bisa kita siasati dengan menggunakan mifi 4G. Justru ini akan menghemat budget jika kita memiliki beberapa device.

2. SIM Card 4G

Sebagai pendamping device 4G, untuk menikmati kecepatan internet 4G kita harus memiliki kartu 4G yang biasa disebut sebagai USIM 4G. Ini juga wajib, tidak boleh tidak. Kalau kartu yang dimiliki masih 3G bisa kita upgrade ke USIM 4G terlebih dahulu. Dalam artian kita hanya memindah nomor lama ke kartu baru yang sudah support 4G, namun nomor dan isinya (pulsa, masa aktif, paket telepon, paket internet, paket SMS, paket promo dan paket dasar) tetap sama seperti kartu lama.

Bagaimana cara mengetahui kartu kita masih 3G atau sudah 4G? Setahu saya, setidaknya untuk saat ini kartu yang sudah 4G ada tulisan 4G LTE di belakang kartu. Coba dicek, kalau dibelakang kartu Anda belum ada tulisan 4G LTE kemungkinan besar kartu tersebut masih 3G dan harus di-upgrade menjadi USIM 4G.

3. Lokasi/Area 4G

Meskipun hp dan SIM Card sudah mendukung jaringan 4G, tapi kalau kita masih berada di lokasi yang belum tercover jaringan 4G ya sama saja bohong. Kita hanya bisa berinternet cepat di jaringan 4G jika area kita sudah ada jaringan 4G.

Maka dari itu jelilah dalam memilih operator yang akan kita gunakan untuk berinternet. Cari tahu terlebih dahulu operator apa saja yang sudah ada jaringan 4G di daerah kita. Sayang kan kalau kita sudah terlanjur beli paket internet dengan kuota khusus 4G yang melimpah, ternyata tidak bisa digunakan karena lokasi yang belum tercover jaringan 4G.

Nah, itu dia 3 syarat utama yang harus dipenuhi sebelum membeli paket internet 4G. Ingat dan pastikan jangan sampai kurang salah satunya agar kuota 4G di paket internet yang kita beli tidak terbuang sia-sia.
Tag : 3G, 4G
Back To Top